Akibat Curah Hujan Tinggi, Sembilan Jembatan Mengalami Kerusakan

Tanah Bumbu, Duta TV – Akibat intensitas curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan sejumlah jembatan diberapa kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu mengalami kerusakan.

Setidaknya ada 9 jembatan yang mengalami kerusakan baik mulai dari kategori sedang hingga berat.

Dengan adanya kerusakan tersebut membuat aktivitas lalu lintas terganggu baik roda empat maupun roda dua.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah bumbu H. Ansyari firdaus saat dikonfirmasi, kamis 4/02/2021 membenarkan kerusakan sejumlah jembatan tersebut.

Lihat Juga :  Sungai di Sebamban Tercemar, Diduga Dari Limbah Perusahaan Tambang

“Memang benar, ada sejumlah jembatan yang rusak akibat hujan yang turun terus menerus, dari hasil pendataan kami di lapangan ada 9 jembatan mengalami kerusakan,” kata Ansyari Firdaus.

Menurutnya ke 9 jembatan ini, ada dua diantaranya yang berada di wilayah kecamatan Batulicin, yakni di jalan lingkar perkantoran Bupati dengan tingkat kerusakan sangat berat, sehingga perlu dibuatkan jembatan baru.

“Yang 2 ini sangat parah, kontruksi lantai jembatan amblas sehingga perlu,dibonkar total dan dibangun jembatan baru, agar tidak mengganggu laulintas ditempat ini,” jelasnya.

Lihat Juga :  Disdukcapil Tanbu Akan Perluas Pelayanan Online Hingga Ke Desa

Selanjutnya ada 7 lainya, 1 buah berada di kecamatan Karang Bintang, 1 buah berada dikecamatan Kusan Hulu, 4 buah di Kecamatan Satui dan 1 buah berada di Kecamatan Kuranji.

Ke 7 buah jembatan yang terbagi dibeberapa kecamatan ini mengalami kerusakan yang tidak begitu parah, sehingga perbaikan hanya dengan pengrehapan.

’’ Tujuh jembatan yang tersebar di beberapa kecamatan ini hanya perbaikan ringan saja”, katanya.

Meyinggung anggaran untuk perbaikan Ansyari Firdaus mengatakan, jika ke 9 jembatan itu diperbaiki secara bersamaan, anggaran untuk itu tidak mencukupi, karena kerusakan jembatan terjadi setelah angaran sudah disahkan, dana pemeliharaan tersedia hanya 600 juta.

Lihat Juga :  101 Tenaga Kontrak Pemkab Tanbu Yang Berhenti dan Diberhentikan Atas Dasar Tiga Hal

“Tidak cukup kalau kita menggunakan angaran pemeliharaan untuk perbaikan 9 buah jembatan itu,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan untuk perbaikan tentunya kita buatkan dulu perencanaanya, baru kita laporkan ke pak Bupati, selanjutnya bagaimana pola penganggaranya kita serahkan diatas dan menunggu arahan Bupati saja.(Wn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *