Agar Tak Seperti India, MUI Diminta Bantu Pemulasaraan Jenazah

Jakarta, DUTA TV — Menko PMK Muhadjir Effendy meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) membantu BNPB terkait proses pemulasaraan jenazah pasien Covid-19. Permintaan tersebut disampaikan menyusul lonjakan angka kematian Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Hal itu disampaikan Muhadjir Effendy di Kantor MUI Pusat saat silaturahmi dengan Pimpinan Harian MUI pada Rabu (14/7) lalu.

Lihat Juga :  Beragam Kegiatan Untuk Kendalikan Covid-19

“Saya meminta bantuan kepada MUI terkait pemulasaraan jenazah. Presiden [Jokowi] sudah memerintahkan Tenaga kesehatan tidak boleh ikut campur lagi mengurus jenazah dan diserahkan kepada BNPB,” kata Muhadjir Effendy yang dirilis di laman resmi MUI pada Jumat (16/7).

“Tenaga Kesehatan fokus menangani pasien yang masih hidup. Saya mohon kerjasama MUI dan ormas keagamaan mulai dari perawatan sampai penguburan sehingga lancar dan tidak timbul kontroversi di lapangan,” lanjutnya.

Lihat Juga :  16 Calon Penumpang Pesawat Bawa Dokumen Covid Palsu

Muhadjir Efendi melanjutkan bahwa tugas pemulasaraan jenazah sangat penting sebab ia khawatir jika jenazah Covid-19 tidak terurus dengan baik, maka situasi yang terjadi di India akan terjadi pula di Indonesia.

“Ini bisa ditindaklanjuti. Jangan sampai kasus seperti di India terjadi di Indonesia, ketika di mana-mana ada jenazah yang tidak tertangani. Saya mohon perhatian betul terkait pemulasaraan jenazah ini,” ujarnya.

Lihat Juga :  Tanah Laut Berlakukan PPKM Level 3

Menanggapi hal itu, MUI mengatakan bahwa pihaknya tengah menyusun rencana pelatihan pemulasaraan jenazah di masa Pandemi Covid-19 kepada penyuluh agama Kementerian Agama.(cnni)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *