Ada 59 Warga Banjarmasin Terindikasi HIV/ AIDS

Ilustrasi (Foto : iStock)

Banjarmasin, DUTA TV — 59 orang diduga tertular HIV/ AIDS di Banjarmasin. Hal ini menyusul hasil tes dari Dinas Kesehatan periode Januari hingga Juni 2022 kemarin. Mereka mengambil sampel terhadap 7900 lebih warga Banjarmasin yang dianggap rawan tertular virus tersebut.

Kebanyakan dari warga tersebut masih diusia produktif, yakni 19 sampai 46 tahun. Meski tak memaparkan langsung dari mana penularan itu berasal, namun, diduga dari hubung seks dengan pasangannya. Pemeriksaan juga dilakukan secara acak kepada warga yang berada di kawasan rawan tertular HIV/ AIDS.

Ke 59 orang itu harus mendapatkan pemeriksaan kembali dengan rapid, untuk memastikan apakah mereka benar-benar tertular HIV/ AIDS atau tidak. Jika terbukti tertular, mereka akan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“Hasil skrining kita dari target Januari sampai Juli, sekitar 7900 lebih ditemukan aktif 59 orang. Standar minimal mitigasi HIV, macam-macam tidak bisa kita jelaskan detil yang pasti kita lakukan di daerah rawan mencemaskan harus kita lakukan rapid tes sampai tiga kali lagi. Justru kita dampingi kita rujuk,” kata M. Ramadhan Kadinkes kota Banjarmasin.

Dari data yang didapat dari Dinas Kesehatan kota Banjarmasin, sebelumnya, yang terdata tertular HIV/ AIDS kurang lebih 97 warga.

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.