71 Ribu Warga Kotabaru Masuk PBI BPJS Kesehatan

DUTA TV KOTABARU – Warga tidak mampu yang masuk penerima bantuan iuran atau PBI BPJS kesehatan di kabupaten Kotabaru mengalami peningkatan.

Peningkatan itu setelah ada verifikasi dan validasi atau verivali terhadap basis data terpadu dari kementerian social yang sejak 2015 sampai agustus 2019 tidak pernah diperbarui karena kendala anggaran.

Verivali sendiri dilakukan menyusul tidak berlakunya lagi surat keterangan tidak mampu atau SKTM untuk berobat di rumah sakit.

Hingga akhir 2019 data dari seluruh kecamatan telah masuk walau belum lengkap desanya.

Hasilnya dari data yang diberikan kementerian sosial sebanyak 54 ribu jiwa setelah diverivali naik menjadi 78 ribu jiwa.

Selain itu ada empat ribu jiwa yang dikeluarkan karena sudah meninggal, pindah maupun sudah tergolong mampu.

“Melalui camat secara berjenjang kepada desa dan RT untuk mendata warga yang belum masuk BDT, tidak ada laig SKTM baru yang lahir semua masyarakat tidak mampu harus masuk BDT, bertambah setelah verivali sebanyak 22 ribuan,” ujar Nurviza PLT Kepala Dinas Sosial Kab Kotabaru

Nurviza PLT Kepala Dinas Sosial Kab Kotabaru

Nurviza PLT Kepala Dinas Sosial Kab Kotabaru

Dari 78 ribu jiwa hasil verivali sudah 71 ribu yang di SK kan oleh Kemensos yang masuk PBI BPJS kesehatan, sementara ada 50 ribu kartu BPJS yang sudah dicetak dan didistribusikan.

Reporter : Nazat fitriah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *