Budaya Sosial

500 Warga Bona Bulu Kalsel Gelar Halal Bi Halal

DUTA TV BANJARBARU – Penyambutan tamu kehormatan menjadi salah satu tradisi budaya suku Batak dari Sumatera Utara seperti halnya saat menyambut Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani, dalam kegiatan halal bi halal Ikatan Kekeluargaan Bona Bulu se Kalimantan Selatan di aula PLN Banjarbaru.

Disamping membudayakan adat, warga organisasi yang menaungi perantauan Sumatera Utara beragama muslim ini memulai kegiatan dengan pembacaan ayat suci Al Quran.

Usai memberikan sambutan Walikota Banjarbaru mendapatkan kehormatan kedua dengan hadiah berupa kain ulos adat batak, yang disematkan para tokoh IKBB Kalsel.

Sebagai hiburan, tamu kehormatan dan seluruh warga IKBB se Kalsel dapat mengenang kembali budayanya dengan hiburan tarian kreasi tor – tor adat batak yang dibawakan anak-anak maupun warga IKBB.

Mantan rektor UIN Antasari H.Kamrani Buseri, mengingatkan keutamaan dari silaturahmi yakni meperpanjang usia dan mempererat persaudaraan.

Sementara itu Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengatakan, eksistensi warga IKBB di Banjarbaru turut membawa warna kebhinnekaan dan kedamaian di kota idaman.

Ikatan Kekeluargaan Bona Bulu sudah dibentuk sejak tahin 1970, dan terus berkembang di sejumlah kabupaten/kota se Kalsel dimana budaya dan adat tetap diturunkan kepada generasi muda.

 

Reporter : Tarida Sitompul


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *