5 Go, Ubah TPA Pontianak Jadi Taman Edukasi Lingkungan

Pontianak, DUTA TV — Dalam rangka memulihkan kondisi lingkungan dari tempat pembuangan akhir menjadi sebuah kawasan yang berdaya manfaat bagi masyarakat, sejumlah warga di kelurahan Siantan Hulu, Pontianak mengubah  tempat pembuangan akhir (TPA) sampah menjadi sebuah kawasan taman edukasi yang tertata rapi dan hijau.

Lokasi yang dulunya kumuh kini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menimba ilmu dan berwisata karena di dalamnya terdapat berbagai jenis sayuran dan buah segar serta tanaman oba  yang bisa diambil serta di bawa pulang secara gratis.

Ketua Restorasi Lingkungan Kecamatan Pontianak Utara, I Wayan Kaller  mengatakan, lingkungan yang bersih dan hijau akan menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Taman edukasi ini terbuka untuk umum. Siapa pun dipersilahkan merasakan sensasi manfaat dari semua tumbuhan yang ada di dalamnya secara gratis.

TPA Siantan pada Januari 2019 (foto:tribun news Pontianak)

“Dengan kita mentreatment lingkungan ini dengan konsep hijau dengan konsep bersih, itu akan menghasilkan energi berupa prana yaitu nafas, oksigen yang baik, dengan oksigen yang baik kita akan sehat. Makanya konsep kami itu 5 Go namanya,”ujar Wayan.

Pertama go green, bagaimana mengurangi jumlah sampah, yang kedua go great, dari gersang menjadi hijau. Kemudian ditata menjadi taman atau go art. Yang ke empat go health, karena ada makanan yang sehat, ada vitamin ada tanaman obat, dan yang terakhir adalah go happy.

Wayan menambahkan, saat ini taman edukasi lingkungan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Mulai dari keluarga, mahasiswa, komunitas,  hingga tim peneliti dari luar daerah. Taman ini adalah tempat belajar bersama terkait perbaikan lingkungan dan sumber energi yang terbarukan. Diharapkan ke depan bisa menjadi salah satu zona penyangga kesehatan khususnya bagi warga sekitar.

 

Sumber : antaranews.com

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *