40 Kasus Karhutla Terjadi Sepanjang Tahun 2019

DUTA TV BANJARMASIN Sepanjang 2019 sedikitnya ada 40 kasus pembakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan yang sudah ditangani Dit Krimsus Polda Kalsel, 4 diantaranya merupakan Korporasi atau perusahaan dan sisanya adalah masyarakat biasa yang diduga sengaja membakar lahan untuk membuka lahan.

Perusahaan-perusahaan yang terseret dugaan pembakaran lahan di antaranya PT MIB dan PT Bit di kabupaten Banjar. PT TAL dan PT ABS di kabupaten Barito Kuala, yang kesemuanya bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

KBO Ditreskrimsus Polda Kalsel, Akbp suprapto mengatakan, 21 perkara kini pemberkasannya sudah dinyatakan lengkap dan sisanya masih dalam proses penyidikan serta menunggu hasil keterangan ahli. “Sebelumnya pihak Kepolisian sudah mengambil sampel tanah di lahan yang diduga terjadi pembakaran lahan dan di uji ke laboratorium,” ujarnya.

Diketahui akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau. Wilayah Kalsel  sempat diselimuti kabut asap, hingga berdampak terganggunya aktivitas warga, penerbangan di bandara, hingga  ada banyak masyarakat yang terkena serangan penyakit ISPA.

Reporter : Mawardi – Ade Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *