300 Eks Pecandu Diminta Sosialisasi Bahaya Narkoba

Foto : detik

Samarinda, DUTA TV — Sebanyak 300 narapidana di Lapas Narkotika Kelas IIA Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) selesai menjalani program rehabilitasi sosial selama 6 bulan. Mereka pun diminta menyampaikan ke masyarakat tentang bahaya narkoba.

“Sesuai slogan kita masuk jadi napi keluar jadi santri,” sebut Kalapas Narkotika Samarinda, Hidayat, Rabu (22/9/2022).

Hidayat mengatakan mereka yang ikut dalam rehabilitasi adalah napi yang memiliki kecanduan atas narkotika. Mereka yang mengikuti program ini dipilih dan diasesmen pihak BNNK Samarinda dan Yayasan Sekata.

“Jadi 300 napi ini adalah mereka yang memiliki ketergantungan atas narkoba yang berlebihan, program ini berjalan setiap hari dibantu teman-teman dari BNNK Samarinda, dan yayasan Sekata,” terangnya.

Selama menjalani rehabilitasi, para napi di pisahkan dengan 900 napi lainnya dan mereka ditempatkan di pesantren khusus rehabilitasi. Tujuannya agar napi yang menjalani rehabilitasi tidak terganggu dan fokus menerima bimbingan moral serta pemahaman agama dari BNNK dan Sekata.

Sementara itu, Hairil Badar (40) salah seorang napi yang ikut dalam program rehabilitasi mengaku mendapatkan dampak positif usai menjalani rehab. Terutama saat ini dirinya lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

“Banyak yang dirasakan, kami disini sangat diistimewakan. Ya intinya kami dikasih pemahaman moral dan juga untuk mendekatkan diri kepada Allah, karena saat berada di luar saya lupa akan itu, apalagi saya yang termasuk pecandu narkoba,” kata napi yang berdomisili di Samarinda itu.(dtk)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.