2.004 Pipa Dan Lubang Di Irigasi Riam Akan Ditertibkan

DUTA TV MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kalimantan Selatan bersama Komisi Irigasi Kabupaten Banjar melakukan penertiban terhadap 2.004 pipa dan lubang milik pengusaha tambak ikan di sepanjang irigasi Riam Kanan, termasuk milik Pdam Intan Banjar, Selasa (29/01).

Sejumlah pipa milik pengusaha tambak ikan di salah satu titik di saluran irigasi Riam Kanan terlihat semakin tidak terkendali. Keberadaan pipa yang kian menjamur mempengaruhi kuantitas air di dalam irigasi dan kerap dikeluhkan para petani di Kabupaten Banjar.

Berdasarkan rencana, selain program pemeliharaan, juga akan dilakukan program neraca air/atau pengaturan tata guna air dari saluran primer irigasi.

Dalam rangkaian program itu terdapat pula penertiban pipa dan lubang-lubang akibat kerusakan maupun yang dirusak secara ilegal oleh pengusaha tambak perikanan, karena akan berdampak terhadap usia fisik irigasi.

Hal ini sebagaimaan diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen Operasional (PPK OP) Dinas PUPR Kalsel, Herry.

“Untuk program penertiban ini masih akan dikoordinasi dengan komisi irigasi kabupaten banjar serta para petani tambak ikan. Saat ini ada 2.004 pipa berukuran hingga 10 sentimeter dan masih ada lubang – lubang di irigasi,”ujar Herry.

Galuh Tantri, Ketua Komisi Irigasi Banjar membenarkan adanya rencana penertiban tersebut.

“Memang benar ada rencana penertiban. Untuk untuk penataan irigasi bagi kepentingan perikanan sekaligus menjaga usia irigasi,”jelas Galuh.

Rencana tata guna air irigasi untuk tembak perikanan sudah bergulir sekitar 15 tahun lalu namun sampai saat ini masih sebatas rencana.

  

Reporter : Tarida Sitompul


Related Posts

  1. Suja Hariyanto says:

    Rencana tata guna air irigasi untuk tembak perikanan sudah bergulir sekitar 15 tahun lalu namun sampai saat ini masih sebatas rencana?

    Kalimat terakhir pada berita ini sudah cukup memberikan gambaran sebenarnya tentang betapa sulitnya penertiban lubang dan saluran milik pengusaha tambak di sepanjang saluran irigasi ini.
    15 tahun bukan waktu yang pendek dan 2004 lubang dan saluran uang sudah tercipta selama ini bukan jumlah yang sedikit. Untuk itu harus ada political will yang teguh dan berpihak pada kepentingan masyarakat banyak sehingga Tata Guna Air yang ideal dan memenuhi hajat hidup orang banyak mudah-mudahan dapat terlaksana dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya

    Ayo Bergerak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *