1500 Warga Miskin Se Banjarmasin Menerima Zakat

DUTA TV BANJARMASIN –  Ratusan warga dhuafa atau miskin di Kota Banjarmasin mendapatkan Zakat Dan Infak Kupon Mohon Dua Ribu. Penyaluran zakat ini diberikan bagi warga Kecamatan Banjarmasin Utara denhan jumlah sejumlah 316 orang.

Zakat serta hasil pengumpulan yang disalurkan sebesar masing – masing Rp 200 ribu bagi setiap mustahiq atau penerima zakat di setiap kelurahan, dan serentak dilaksanakan di 5 kecamatan se Banjarmasin.

Beberapa mustahiq mengaku cukup terbantu dengan bantuan tersebut. Mereka mengatakan bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Sementara itu dalam upaya peningkatan capaian zakat ke depan, Baznas Kota Banjarmasin berencana menyasar potensi zakat infak sedekah dari Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin. Hal ini seperti diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani.

“Potensi besar dari ASN kita. PNS kita ada sekitar 6000 an. Bagaimana kalau semuanya membayarkan zakatnya ke Baznas. Ini potensi luar biasa. Hanya regulasi apa yang dapat mengaturnya,  bagaimana agar PNS tidak jauh saat membayarkannya,”ujar Hamli Kursani.

Sedangkan Ketua Baznas Kota Banjarmasin, Murjani Sani menyatakan bahwa penerimaan dari para pegawai negeri masih belum maksimal.

“Secara maksimal belum tergarap. Hanya individu ASN yg berzakat di Baznas. Ke depan potensi besar ini mudah – mudahan dibantu Walikota melalui Sekda,  bagaimana bisa menambah potensi dan capaian kita,”demikian harapan Murjani.

Pada 2018, hasil zakat infak sedekah yang dikumpukan Baznas Kota Banjarmasin sebanyak Rp 2,4 miliar, dari target Rp 1,8 miliar. Untuk tahun mendatang, Baznas Kota Banjarmasin kembali menetapkan taget sebesar Rp 3 milyar.

 

Reporter : Fadli Rizki

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *