14 M Untuk BPJS Warga Miskin Banjarmasin

DUTA TV BANJARMASIN – Pemerintah Kota dan DPRD Banjarmasin mengalokasikan dana melalui APBD tahun 2020 sebesar Rp 14,1 miliar untuk iuran BPJS Kesehatan.

Dana itu nantinya akan mengcover 20.808 warga rentan miskin, miskin, dan sangat miskin.

Tanggungan itu nantinya juga ditunjang dengan infrastruktur seperti rumah sakit milik pemerintah daerah yang direncanakan bisa menampung warga miskin pengguna BPJS.

Jal ini seperti diungkapkan Matnor Ali, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin mengenai jaminan kesehatan bagi warga tidak mampu.

Tak hanya dari pemerintah kota, bantuan dari Pemprov Kalsel serta anggaran nasional juga akan mengalir untuk menyanggupi pembiayaan BPJS warga yang masuk kriteria rentan miskin, miskin dan sangat miskin.

“Tercover subsidi pemerintah dalam kategori rentan miskin miskin dan sangat miskin, pemerintah di 2020 dianggarkan 14.1 bagi 20.808 jiwa, itu yang terdata. Ketika masuk rumah sakit jadi peserta dibayarkan, itu kapan saja dibayarkan pemerintah. Saya bilang ke Dinkes jangan dipangkas, juga dari APBN dana sekian, dan APBD dana sekian,”terangnya.

Dengan adanya bantuan iuran BPJS ini, Matnor mengimbau Dinas Sosial harus selektif melakukan pendataan yang akurat bagi warga rentan miskin, miskin, dan sangat miskin di Banjarmasin, sehingga alokasi dana tidak salah sasaran.

 

Reporter : Fadli Rizki


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *