Karhutla

10 Hektare Kebun Cabai Rawit Hiyung Dilahap Api

DUTA TV TAPIN – Kobaran api terlihat membesar di beberapa titik semak belukar di kawasan desa Hiyung, kecamatan Tapin Tengah, kabupaten Tapin pada Rabu siang (02/10/2019).

Bahkan akibat angin yang cukup kencang api sendiri sempat merembet ke lahan perkebunan cabai rawit hiyung milik warga setempat.

Sedikitnya terdapat 10 hektare lahan kebun cabai rawit hiyung yang terdampak kejadian kali ini.

Sementara, puluhan unit pemadam kebakaran yang dibantu oleh para relawan dan masyarakat berupaya melakukan antisipasi meluasnya kobaran api.

“Kebakaran ini pada awalnya kejadiannya sekitar jam 9, kemudian api itu kelihatannya jauh dari pada perkebunan cabe, kira-kira jam 1 itu api sudah mulai mendekati perkebunan cabe, namun kami bergerak dan diperkirakan pergerakan api sangat cepat karena angin deras, 4 titik kejadian disana titik 1 di RT. 3, titik 2 di RT. 3, titik 3 di RT. 4, dan titik 4 di RT. 4, jadi kita kebetulan jadi sampai perkebunan kita terbakar karena kita ikut memadamkan di titik 2 dan titik 3, setelah itu ternyata di perkebunan titik 4 itu api makin membesar dan sampai mengakibatkan yang ada terjadi semacam ini”, jelas Junaidi ketua kelompok tani desa Hiyung.

Junaidi ketua kelompok tani desa Hiyung

Akibat musibah ini para petani terancam merugi, pasalnya seluruh kebun cabai hiyung yang terbakar sendiri sudah siap panen.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *