Wisata di Banjarmasin Buka Desember

Banjarmasin, DUTA TVMelandainya penularan COVID-19 di kota Banjarmasin sudah dimanfaatkan sejumlah pengusaha dan pelaku usaha lainnya. Bahkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Banjarmasin juga berencana akan membuka sejumlah tempat wisata dibawah naungan dinas itu.

Rencananya pembukaan tempat wisata itu akan diberlakukan pada Desember mendatang. Pihak Disbudpar dan pengelola hingga saat ini masih melakukan konsolidasi terkait mekanisme pembukaan tempat wisata ditengah pandemi COVID-19, seperti saat sekarang ini.

“Terkait wacana ataupun masukan-masukan untuk bisa dibuka tempat wisata, saat ini kita lagi evaluasi, jadi kita cek pengelola pariwisata yang ada, jadi kita sekaligus melakukan tugas pembinaan sejauh mana kesiapan terkait protokol kesehatan. Kami mintakan rekomendasi dari gugus tugas bahwa tempatnya sudah memenuhi standart. Dan kita harapkan Desember sudah bisa,” tutur Ehsan Al- Haque.

Sementara itu, diketahui beberapa tempat wisata religi sudah mulai dibuka sejak beberap bulan yang lalu. Penerapan protokol kesehatan pun juga sudah dilaksanakan oleh pihak pengelola, seperti di Kubah Basirih, yang setiap harinya ramai dikunjungi warga, atau peziarah. Bahkan warga yang datang hingga malam hari.

“Setelah kami buka menerapkan 3 M, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ujar Abdul Mun’im, pengelola Kubah Basirih.

Pembukaan tempat wisata tersebut diharapkan oleh pihak Disbudpar bisa kembali menghidupkan perekonomian warga, terlebih pada masyarakat yang mempunyai usaha di tempat wisata itu sendiri, seperti usaha penyewaan jasa klotok di Siring Pierre Tendean.

Reporter : Zein Pahlevi

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *