Waspada, Covid-19 Varian B.1.617 Sudah Masuk Kalteng !

Palangka Raya, DUTA TV — Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah meminta masyarakat tidak perlu panik dengan ditemukannya varian B.1.617 Virus Corona (SARS-Cov-2) di wilayah setempat.

“Protokol kesehatan sampai saat ini masih sangat ampuh mencegah penularan virus Covid-19 termasuk varian B.1.617,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul di Palangka Raya (9/5).

Lihat Juga :  Usia Dibawah 30 Tahun Dilarang Vaksinasi AstraZeneca

Untuk itu masyarakat hanya perlu memastikan telah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar, serta tidak menyentuh wajah jika tidak yakin tangannya dalam keadaan bersih. Adapun terkait informasi penemuan varian B.1.617 ini, yakni pada 19 dan 20 Maret telah diambil sampel dari pasien Covid-19 yang diduga terpapar varian baru virus Covid-19.

Lihat Juga :  Antisipasi Klaster Lebaran, Kalbar Tambah BOR 60%

Ketiga sampel tersebut selanjutnya pada 27 Maret 2020 dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes). Ketiga sampel tersebut berasal dari pasien di Palangka Raya.

“Laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI telah melakukan pemeriksaan sampel tersebut dan dinyatakan positif sebagai varian B.1.617,” kata dia.

Kemudian pada 8 Mei 2020, Dinkes Kalteng kembali mengirim enam sampel pasien Covid-19 yang berasal dari Kapuas sebanyak empat sampel, Kotawaringin Timur satu sampel dan Kotawaringin Barat satu sampel.

Lihat Juga :  Pulang Pisau Vaksin COVID-19 Lansia Door to Door

“Kapuas, Kotim dan Kobar hasilnya belum ada,” katanya.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *