Warna Warni Bisnis Eksotis Cupang Yang “Naik Daun”

Bisnis ikan cupang

Banjarmasin, DUTA TV — Kali ini tim liputan Duta TV mengunjungi kediaman Aldiannor Rahman, pehobi ikan hias air tawar di jalan Pulau Laut Banjarmasin.

Bermula dari hobi dan tertarik keindahan ikan cupang, Aldi mencoba mengawinkan ikan hias berhabitat asli air tawar ini dan dapat menjadi penghasilan ekonomi hariannya.

Dengan ketelatenannya, sebuah kamar dirumahnya kini dipenuhi berbagai jenis ikan hias cupang berwarna warni, dan tersusun dalam botol bekas air mineral yang merupakan hasil ternakannya bersama saudaranya.

Aldi mengaku susah-susah gampang dalam beternak ikan cupang yang memiliki sifat cenderung agressif ini. Karena jika sudah berumur lebih dari sebulan cupang jantan harus dipisah dan dimuat ke dalam wadah setiap ekornya karena kalau jantan dalam satu wadah mereka akan bertarung.

Keuletan dan kesabaran juga harus dilakukan saat pemberian pakan yang diberikan pada pagi dan sore hari, serta jenis pakan pun harus disesuaikan dengan umur hasil indukan mulai dari kutu air ataupun jentik nyamuk.

“Dalam sebulan bias dapat Rp900.000,- dijual sampai Pelaihari, palangka jua pernah. Susah-susah gampang, ada ketelitian dan kesabaran, biasa dijual sudah 4-5 bulan sudah bagus warnanya. Yang ramehalfmoon dan plakat biasa paling dicari, harga mulai 30-80-100 paling mahal bias sampai jutaan,” ucap Aldiannoor Rahman.

Aldiannoor Rahman Peternak Ikan Cupang

Aldiannoor Rahman Peternak Ikan Cupang

Selain menambah penghasilan, ikan mungil nan eksotis ini juga dapat menjadi pengobat kebosanan dan menambah aktifitas saat dirumah.

Aldi mengaku ikan cupang yang ramai diburu saat ini berjenis halfmoon dan plakat yang harga termahalnya bisa menembus jutaan rupiah.

Bagi pemirsa yang tertarik dan berminat beternak ataupun membeli ikan cupang warna warni ini, bisa saja langsung mengunjungi rumah Aldiannor dikawasan Jalan Pulau Laut Banjarmasin Tengah.

Reporter : Fadli Rizki

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.