Warga Sungai Sipai diajak Kembangkan Industri Berbasis Kearifan Lokal

Banjarbaru, DUTA TV — Warga Sungai Sipai Kabupaten Banjar, diajak untuk mengembangkan industri berbasis kearifan lokal. Ajakan itu disampaikan H. M. Isra Ismail, saat mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2018, tentang rencana pembangunan industri Provinsi Kalsel Tahun 2018-2038.

Dalam sosialisasinya, Legislator dari Fraksi Golkar ini, menyebut banyak kearifan lokal yang bisa dikembangkan warga banua khususnya yang berada di Daerah Pemilihannya Kabupaten Banjar melalui industri, baik itu industri berskala besar maupun skala kecil.

Kepada konstituennya, Anggota Komisi III ini mencontohkan, bahan baku lokal yang bisa dikembangkan ittu seperti tanaman purun. Purun sendiri, merupakan salah satu tumbuhan air di alam bebas, yang jika dimanfaatkan bisa dianyam untuk dibuat menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi, bisa berupa tas atau tudung saji. Begitupun dengan tanaman eceng gondok atau yang dikenal warga banjarmasin bernama ilung.

Belum lagi, kain khas Kalimantan Selatan sasirangan, yang tentu bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan apa saja mulai dari tas, sepatu, bajuuntuk menggerakkan roda perekonomian di masyarakat.

“ Perda ini merupakan dokumen perencanaan yang menjadi acuan dalam pembangunan Industri, serta pedoman bagi perangkat daerah dan instansi terkait dalam menetapkan dan melaksanakan kebijaksanaan Industri bagi pelaku Industri dan masyarakat dalam membangun Industri daerah. Tujuannya, tak lain adalah untuk mewujudkan Industri daerah yang mandiri, berdaya saing, berkesinambungan dan berwawasan lingkungan. Ini untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan daerah secara merata”, pungkas Isra dalam sospernya.

Sosper yang turut menghadirkan Sekretaris Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel Ir. Hasan Talaohu ini, diharapkan bisa menambah ilmu warga Kabupaten Banjar dalam hal meningkatkan perekonomian di Desa mereka, terlebih dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *