Warga Keluhkan Banyaknya Bangunan Yang Menutup Sungai

BANJARMASIN, DUTA TV – Kondisi sungai Guring atau Guring River yang berlokasi di kelurahan Pemurus Baru RT 15 Banjarmasin Selatan dikeluhkan warga.

Sungai ini dikeluhkan warga karena tidak mengalir dan alirannya sendiri makin sempit hingga menyerupai selokan.

Bahkan tak sedikit pula bangunan yang berdiri di atas sungai Guring ini, warga sendiri lalu mempertanyakan normalisasi sungai yang dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan edaran walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, tentang pembongkaran bangunan di atas sungai untuk mengatasi genangan akibat banjir.

Lihat Juga :  PWI Kalsel Salurkan Bantauan Penyintas Banjir

“Kondisi disini padahal besar sungainya, tetapi banyak bangunan dibangun dibantaran sungai. Kemarin kami sudah menyarankan angaran di kelurahan, saya bilang jangan memperbaiki jalan, sebiknya sungai di normalisasi, dan dibikinkan gorong-gorong,” jelas warga, Salmansyah.

Kondisi ini mendapat perhatian khusus dari jaringan pendamping kebijakan pemerintah Kalimantan Selatan. Mereka meminta agar pemerintah sesegeranya mengusut permasalah ini, mengingat dampaknya sendiri sudah mulai terlihat yakni air tinggi yang menggenang sebagian kota Banjarmasin beberapa pekan terakhir. “Sangat prihatin dengan sungai Guring, ada bangunan yang berdiri di atas sungai, sungai sudah menjadi selokan kan aneh,” ujar Winardi ketua JPKP Kalsel.

Lihat Juga :  Puluhan Anak-Anak Pengungsi Ikuti Trauma healing

Sebelumnya pemerintah kota Banjarmasin megeluarkan surat edaran dengan nomor surat 1 tahun 2021 tentang arahan kepada seluruh pemilik bangunan dan camat se-Banjarmasin untuk melakukan pembongkaran bangunan di atas sungai untuk mengatasi genangan akibat banjir di kawasan perkotaan dan pemukiman.

Reporter : Nina Megasari – Fadli Rizki


Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *