Warga Desa Terapu Keracunan Massal Usai Santap ‘Masak Habang’

DUTA TV MARTAPURA – Puluhan warga desa Terapu, kamis petang (13/02/2020) dievakuasi menggunakan klotok,  ke ruang rawat inap Puskesmas Kecamatan Aluh-aluh karena terindikasi mengalami keracunan masal.

Karena harus melintasi Sungai Barito, proses evakuasi sebanyak 55 orang berakhir hingga pukul 02.00 jumat dinihari.

Sementara itu dari data bidan desa 27 warga lainnya yang mengalami keracunan massal memilih bertahan di rumah masing-masing, dan mendapatkan layanan dari tenaga perawat yang dikirim ke lokasi.

Warga mulai dari balita usai satu tahun hingga orang tua, mengeluhkan pusing dan mual usai menyantap hidangan jenis masak habang, dan mie goreng di acara haul atau tahlil salah satu warga pada Kamis sore.

82 Warga yang mengalami keracunan massal, berhasil dipulihkan dan yang berada di ruang rawat inap dipulangkan sejak pukul 02.00 Wita, dan pagi harinya hanya terisa 3 orang.

“Totalnya 82 orang yang mengalami keracunan,” ujar Fauza, perawat ruang inap Puskesmas Aluh-aluh.

“Berkat dukungan TNI Polri dan relawan emergency, pihak Puskesmas mampu menangani keracunan massal,” tutur Syaifullah Effendi, camat Aluh-aluh.

Karena jumlah warga yang datang dalam jumlah besar, petugas sempat kewalahan dan mengalami kekurangan obat, namun langsung diatasi dengan suplai obat dari perawat di desa-desa lainnya.

Reporter : Tarida Sitompul

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *