Wapres : Sholat Idul Adha di Rumah, Jangan Sampai Ada Klaster Baru

Jakarta, DUTA TV — Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Idul Adha di rumah masing-masing. Ia khawatir jika Salat Idul Adha di lakukan di masjid atau lapangan, maka dapat menjadi klaster COVID-19.

“Semua sepakat bahwa jangan sampai penyelenggaraan Idul Adha ini kemudian menjadi klaster baru yang menambah semakin tingginya tingkat penularan,” ujar Ma’ruf dalam konferensi pers virtual, Minggu (18/7/2021).

Lihat Juga :  30 Ribu TNI Tracing dan Vaksin Covid-19

Ma’ruf pun sudah berdiskusi langsung dengan sejumlah perwakilan ormas Islam. Hasil diskusi disepakati bersama Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli nanti dilaksanakan di rumah.

“Semua tadi sudah sepakat membuat pernyataan bersama penegasan sebenarnya sudah ada pernyataan sebelumnya masing-masing, MUI, ormas-ormas Islam juga tetapi malam ini sepakat untuk membuat pernyataan bersama sebagai satu ketegasan sikap bahwasanya untuk Idul Adha kali ini dengan tetap melaksanakan ibadah tetapi memperhatikan protokol kesehatan, menjaga jiwa manusia, karena itu dilakukan di rumah saja,” ujar Ma’ruf.

Lihat Juga :  PPKM Mikro Wisata di Tanah Laut Diperketat

Selain itu, Ma’ruf dan ormas-ormas Islam sepakat terkait takbir di rumah saja atau secara virtual. Penyelenggaraan penyembelihan hewan juga tidak di masjid.

“Penyembelihan kurban itu supaya dilakukan melalui Rumah Potong Hewan dan dibagikan diantar dari rumah ke rumah. Ini kesepakatan malam ini,” ucap Ma’ruf.

“Dan juga takbir nasional secara virtual bersama Presiden bersama saya dan inisiatif oleh Menteri Agama Republik Indonesia itulah saya kira kesimpulannya,” imbuhnya.(dtk)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *