Waduh, Air IPA Gunung Reli Meluber ke Komplek !

Kotabaru, DUTA TV — Pembuangan air dari instalasi pengolahan air (IPA) Gunung Reli milik PDAM Kotabaru meluber ke pemukiman. Masalah ini dikeluhkan warga Komplek Misaya Mitra Desa Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara.

Dari video yang direkam pada 30 Maret 2021, luapan air dari pipa pembuangan yang pecah membanjiri halaman rumah dan jalan.

Selain menjadikan jalan licin, menurut warga setempat, Fathulah, kondisi ini juga dikhawatirkan menyebabkan tanah longsor.

“Ini sudah lama. Setiap membuang meluap, dampaknya banjir ini, lalu tanah itu kan longsor,”katanya.

Setelah beberapa kali diadukan hingga diunggah di media sosial, akhirnya PDAM Kotabaru menanggapi, Kamis (01/04).

Kemudian Abdul Taha, Kepala Seksi Transmisi dan Distribusi PDAM Kotabaru menjelaskan, penanganan dilakukan dengan membuat bak kontrol yang cukup tinggi untuk menampung luapan air.

“Itu sedimentasi air, cuci filter, tujuannya untuk pembuangan satu arah ke bawah. Sementara kami benahi dengan  membuat bak control, inshaallah tidak akan berdampak lagi kepada masyarakat,”ujarnya.

Sekitar sebulan lalu pipa pembuangan air dari IPA Gunung Reli karena akar kayu. Saat itu sudah direncanakan pembuatan bak kontrol namun terkendala kegiatan lain yang lebih prioritas.

 

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *