Virtual Design Festival untuk Pemulihan Industri Kreatif

Jakarta, DUTA TV — Sesuai komitmennya memajukan industri kreatif di tanah air, MAYANTARA kembali hadir sebagai salah satu penggagas acara Virtual Design Festival untuk membantu pelaku industri di tanah air bangkit dari keterpurukan di masa pandemi.

Bekerjasama dengan dengan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan didukung pemda DKI, tanggal 16 – 18 Juni 2021 akan digelar MAYANTARA JAK.ID.

“Ini adalah komitmen kami pelaku industri kreatif khususnya para desainer, untuk menghidupkan kembali dan memajukan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Berkolaborasi untuk menghasilkan ide-ide baru

dan karya unggulan yang diharapkan menjadi ‘pemenang’ dalam ekonomimglobal,” demikian ditegaskan Isti Dhaniswari mewakili steering Committeekegiatan ini.

Acara yang diselenggarakan secara daring ini akan mengusung konsep Festival. Selama acara berlangsung para praktisi, pelajar, pelaku dan pemerhati industri kreatif khususnya yang bergerak di bidang Desain Interior akan ‘merayakan’ keprofesian dan keilmuan mereka sebagai bagian komunitas kreatif, berbagi tips dan trik menghadapi lesunya industri kreatif di era pandemi, termasuk memetakan trend terkini dunia desain interior.

Peserta bisa mendengarkan dan berdiskusi langsung dengan 50 pembicara berpengalaman dari dalam dan luar negeri, termasuk dengan stakeholders industri kreatif di tanah air. Stephen Shaw dan Nathan Yong dari Singapura, Tatiana Gomez dan Elizabeth Chan dari Hong Kong, Yang Jian dari Cina, serta beberapa nama lain dari beberapa negara akan tampil sebagai pembicara dalam rangkaian webinar yang diselenggarakan dalam 18 sesi. Selain itu akan digelar showcase sebagai bagian dari upaya memperkenalkan trend forecast desain interior terkini.

Ketua HDII DKI Jakarta, Rina Renville meyakini, kegiatan ini tak hanya menjadinpenyemangat desainer Interior di tanah air untuk terus berkarya, namun juga bisa melihat peluang-peluang baru, “Desainer Interior kita pasti bisanberkembang secara signifikan, punya andil lebih dalam industri kreatif di tanah air dan pastinya lebih siap bersaing.”

MAYANTARA JAK.ID menjadi simbol kolaborasi antara MAYANTARA yang merupakan representasi berbagai kegiatan Virtual Design Festival dan JAK sebagai representasi Jakarta yang pada tanggal 22 Juni mendatang akan memperingati ulangtahunnya yang ke 494.

Tema yang diusung pemda DKI dalam HUT Jakarta kali ini adalah #jakartabangkit yang sangat terkait dengan upaya pemulihan kembali sendi sosial dan ekonomi di ibukota di masa pandemi Covid-19. Gubernur DKI Anies Baswedan rencananya akan membuka acara MAYANTARA JAK.ID ini.

MAYANTARA JAK.ID merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan acara puncak MAYANTARA 2021 yang akan digelar dalam 2 bulan ke depan yakni di bulan Agustus, bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-76 RI.

Jika di tahun lalu, MAYANTARA 2020 lebih difokuskan pada sektor Desain Produk Industri, mulai tahun ini MAYANTARA 2021 akan lebih banyak lagi merangkul pelaku kreatif multi bidang, agar bisa bertahan, membuka pasar baru dan meningkatkan daya saing, yang pada akhirnya mendorong kembali bergeraknya roda perekenomian Indonesia.(ril)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *