Narkoba

Usai Rapat, Kalapas Dan Karutan Di Kalsel Tes Urine

DUTA TV BANJARMASIN – Semua Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) dan Kepala Rumah Tahanan Negara di Kalimantan Selatan menjalani tes urine secara mendadak di Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Kalsel pada Selasa (12/02) pagi. Dalam tes urine ini, Kepala wil Kemenkum HAM Kalsel, Ferdinand Siagian juga turut diperiksa.

Selain para Kalapas dan Karutan, tes urine ini juga menyasar kepala pengamanan lapas maupun kepala pengamanan rutan.

Tes urine dadakan ini dilakukan persis usai rapat kerja teknis pemasyarakatan dalam peningkatan tugas dan fungsi pemasyarakatan, melalui revitalisasi pemasyarakatan serta langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba di lingkungan Kanwil Kemenkum HAM.

Ferdinand siagian mengatakan, jika dalam tes urine ini ditemukan ada yang positif menggunakan narkoba, maka akan dilakukan pembinaan atau rehabilitasi. Namun jika tetap membandel hingga terlibat dalam peredaran gelap narkoba, maka akan diberikan sanksi tegas berupa pemecatan.

“Ini kita lakukan untuk mengntisipasi ekterlibatan petugas dalam narkoba. Kalau ada dek depan akan kita tindak tegas,”ujar Ferdinand.

Sebelumnya, Kanwil Kemenkum HA Kalsel sempat tercoreng dengan ulah salah satu oknum pegawai sipirnya di Lapas Banjarbaru, yang ditangkap anggota Subdit 1 Dit Res Narkoba Polda Kalsel bersama 3 orang narapidana di 3 lapas di Kalsel karena kedapatan melakukan peredaran gelap narkotika.

 

Reporter : Mawardi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *