Upaya Cegah Kabut Asap, Tim BPBD Kalsel Lakukan Pembasahan Ekstra di Guntung Damar

DUTA TV BANJARBARU – Sebagai upaya penanggulangan kabut asap yang terjadi di sejumlah daerah di Kalsel beberapa waktu terakhir, tim gabungan BPBD Kalsel melakukan upaya ekstra di kawasan Guntung Damar Banjarbaru, Jumat siang (20/09/2019).

Belasan tim gabungan satgas darat BPBD Kalsel ini melakukan upaya pembasahan pasca heli water boombing melakukan boombing di titik tersebut, sedikitnya luasan lahan di sana mencapai dua hektar.

 

 

Kalak BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan jika upaya ini memang harus dilakukan terlebih di lahan Gambut. “Ini memang terus menerus dan tidak jadi masalah kalau diteruskan pembasahannya oleh satgas darat supaya tetap dilakukan pembasahan dan ini juga tentunya dapat mencegah penyebaran kabut asap, kan kalau benar-benar padam otomatis asap itu jadi berkurang, dan inilah upaya kita yang sudah rutin kita lakukan,” terang Wahyuddin.

Memang kawasan Guntung Damar sendiri merupakan salah satu kawasan penyumbang kabut asap yang terjadi di beberapa wilayah Kalsel dan untuk itulah Satgas Karhutla yang dikordinir oleh BPBD Kalsel terus melakukan upaya dalam pencegahan maupun penanggulangan.

Tim Liputan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *