Tugu Nelayan Direnovasi, Dinas Cipta Karya Cari Ide Masyarakat

DUTA TV KOTABARU – Tugu dengan patung nelayan memegang tombak dan memanggul ikan todak di puncaknya ini merupakan salah satu ikon kotabaru.

dibangun tahun 1970-an sebagai tanda penyambutan orang-orang yang datang ke kotabaru, tugu nelayan berdiri menghadap ke laut karena kala itu akses masuk ke kotabaru masih melalui laut.

sebagai ikon kota dan memiliki cerita historis, pemerintah daerah merasa perlu melakukan renovasi terhadap monumen ini, belum lama tadi Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kotabaru membuka sayembara desain tugu nelayan yang baru untuk menjaring ide dari masyarakat.

revonasi yang rencananya dilaksanakan tahun 2020 itu tidak akan mengubah keaslian tugu nelayan, namun bangunannya hendak dibuat lebih megah dan dilengkapi taman berhias air mancur.

“Kedepannya akan jadi salah satu ikon yang baru karena tugu nelayan ini kan bersejarah, patung nelayan nya kita pertahankan cuma kita poles sedikit supaya lebih bagus, dan di bundaran itu juga akan ada taman, air mancur, lampu hias. Kita cari ide dari masyarakat tidak harus profesional tapi siapa saja terbuka untuk umum nanti ide itu akan kita masukkan sebagai bahan untuk perencanaan teknisnya,” jelas M Maulidiansyah, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kotabaru.

M Maulidiansyah, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kotabaru

 

Sehubungan dengan renovasi tugu nelayan, jalan dan bundaran tugu akan diperluas dengan membebaskan lahan lapangan basket dan sebagian halaman kantor Satpol PP di dekatnya.

untuk lapangan basket pemerintah daerah sudah menyediakan lahan untuk merelokasinya tidak jauh dari lokasi saat ini, selain untuk pelebaran jalan sebagian lahan lapangan basket ini juga akan dijadikan ruang terbuka hijau.

Reporter : Nazat Fitriah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *