Tokoh Agama Ciptakan Alat Pendeteksi Vaksin Lewat E-KTP

Banjarmasin, DUTA TV – Alat sederhana ini bernama smart checker, atau alat pendeteksi vaksin. Fungsinya untuk mengetahui seseorang sudah divaksin atau belum.

Caranya cukup mudah, yakni dengan menempelkan E-KTP pada alat tersebut.

Untuk sementara, alat ini hanya bisa di akses atau digunakan oleh Habib Faturrachman yang juga pencipta alat tersebut.

Pasalnya, data yang dimasukkan kedalam data atau server hanya milik habib dengan
keluarganya. Dirinya mengaku baru sepekan terakhir, memperkenalkan alat itu, dan untuk membuat alat smart checker ini hanya membutuhkan biaya Rp 4.000.000,-.

Beberapa instansi di pemerintah kota dan satgas covid 19 Banjarmasin sudah mengetahui alat tersebut. Dirinya juga berharap pemerintah bisa mengembangkan alat itu, agar bisa mendeteksi warga yang sudah divaksin atau tidak. Terlebih jika ditempatkan pada pintu masuk kalsel atau Banjarmasin.

“Sementara namanya smart checker , artinya alat mengecek warga yang belum divaksin dengan E-KTP. Cara kerjanya simple di E-KTP ada cip yang tertanam bisa dimanfaatkan, tinggal ditempel diolah dan mehubungi di pusat, ke vaksin, sudah divaksin atau belum. Nyala lampu merah kalau sudah hijau. Saya harapkan ada pemerintah untuk menghubungkan dengan database Dukcapil dan Dinkes. Alat ini baru belum seminggu, responnya luar biasa. Untuk respon dari pemerintah kota menyambut baik dengan alat tersebut,” kata Habib Faturrachman, Pencipta Smart Checker

Habib Faturrachman, Pencipta Smart Checker
Habib Faturrachman, Pencipta Smart Checker

Rencananya, dirinya juga akan memperbaiki alat tersebut, agar lebih besar dan bisa menampung data yang lebih besar.,

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *