Tim Pemenangan BirinMu Bentuk Relawan Jaga Banua Jelang PSU 9 juni 2021

BANJARMASIN, Duta TV – Tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel, Sahbirin-Muhidin (BirinMu) secara resmi membentuk ‘Relawan Jaga Banua’.

Pembentukan ini merespons dari pernyataan beberapa pihak yang mengatasnamakan tim paslon penantang Denny Indrayana-Difriadi Darjat, yang lebih dahulu membentuk ‘Tim Tangkap Tangan’ jelang pemungutan suara ulang (PSU) di 827 TPS pada 9 Juni 2021 mendatang.

Dengan pembentukan ini, tim hukum paslon BirinMu yang dikoordinatori Ricky Teguh mendukung penuh dan menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tim hukum sebagai bagian resmi dari tim pemenangan paslon Sahbirin-Muhidin merespon positif, sekaligus akan memback-up penuh kebijakan pembentukan ‘Relawan Jaga Banua’.
  2. Relawan ini dibentuk di tiap TPS sejak saat ini. Dengan tujuan memantau berbagai gerakan politik dan sosial yang ada di lingkungan masing-masing.

Termasuk kerap hadirnya aksi arogansi dari tim lawan untuk melakukan berbagai aksi intimidasi, intervensi berbau sweeping atas kegiatan sosial yang ada di kampung tempat PSU berlangsung.

Sebagai contoh, telah terjadi pemaksaan pengembalian berbagai bantuan sosial yang diberikan oleh pihak berempati pada kesulitan ekonomi masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Banjar, beberapa waktu lalu.

  1. Cara-cara yang penuh dengan arogansi, kesombongan, berkuasa, merasa suci bahkan mengambil alih peran aparat penegak hukum, seolah-seolah tim tersebut dapat menyatakan sesuatu benar dan salah di mata hukum.

Baik dan buruk di mata etika serta patut atau tidak sesuai dengan pandangan mereka adalah cara-cara yang harus kita lawan.

Terlebih orang yang datang ke kampung kita tersebut bukanlah ‘Urang Banua’, melainkan orang luar Kalsel. Datang dengan bahasa luar, adat luar, tidak ada sopan santun dan lain-lain, yang semuanya akan membuat bibit masalah dan konflik di kampung kita.

  1. Untuk menjaga harga diri Banua kita, maka pembentukan ‘Relawan Jaga Banua’ adalah langkah tepat.

Relawan ini berisi orang-orang asli kampung kita. Tugasnya memastikan tidak hadirnya arogansi dimaksud, sekaligus memantau jangan-jangan ‘Tim Tangkap Tangan’ yang dibentuk paslon lain justru akan dijadikan alat untuk melakukan berbagai modus kecurangan. Kalau ini yang terjadi, maka tim ini seperti maling teriak maling.

  1. Tim hukum akan memback-up penuh Relawan Jaga Banua ini, sekaligus akan melakukan seluruh langkah dan upaya hukum yang terjadi atas berbagai laporan dan temuan di lapangan.
  2. Kepada para ulama, habaib, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, bubuhan jagau di kampung, dengan segala kerendahan hati, kami ajak bergabung dengan ‘Relawan Jaga Banua’.

Saatnya kita jaga kampung dan Banua kita Saurang dari upaya pecah belah, adu domba serta keinginan menguasai Banua oleh kelompok tertentu di luar Banua Banjar tercinta melalui Pilgub Kalsel 2020 ini.

Tim Liputan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *