Tim Gugus Dituntut Terbuka Dalam Informasi Covid-19

DUTA TV BANJARMASIN – Keterbukaan informasi bagi publik dituntut perlu bagi insan Pers, dalam menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di kota Banjarmasin.

Hal itu disampaikan Zainal Helmie saat menjadi pembicara di pelatihan kedaruratan Covid-19 bagi insan pers oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kamis siang (21/05/2020).

Menurutnya selama ini informasi dari Gugus Tugas hanya sebatas data kasus, namun minim penjelasan kenapa terjadi penambahan kasus atau penyebab kematian pasien positif Covid-19.

Sama pula dengan perihal kesembuhan pasien bagaimana upaya tim medis dalam penanganan, sebagai bentuk edukasi di tengah masyarakat.

Helmie juga mengkritik informasi yang selama ini cuma 1 pintu, harapnya intansi yang terlibat penanganan Covid-19 juga menyampaikan upaya gotong royong dalam penanggulangan pandemi Covid-19 ini.

“Banyaknya kematian harus menyadarkan kita semua, Kadis kepala daerah, kordinasi sangat penting, bukan hanya Dinkes yang beri informasi, selama ini satu pintu, selama ini satu pintu jika tertutup, ini harus sinergi, kepercayaan yang sangat penting, data hari ini dan besok berbeda, itu membuat pernyataan, apakah sesuai bahkan keliru,” tutur Zainal Helmie Ketua PWI Kalsel

Di sisi lain Helmie juga mengingatkan para jurnalis, mengutamakan keselamatan dan kesehatan selama pandemi Covid-19, apalagi sudah ada seorang jurnalis di Kalsel dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Reporter : Fadli Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *