Tempe Karakter Unik

Palembang, DUTA TV — Tempe umumnya memiliki bentuk kotak atau segitiga. Namun di kota Palembang, Sumatera Selatan, olahan kedelai ini dibuat bentuk yang unik dan menggemaskan.

Misrakandi, warga Palembang berhasil menciptakan produk tempe karakter yang kini digemari kalangan di anak-anak. Tempe unik itu memiliki bentuk antimainstream, mulai dari pesawat, bunga mawar, beruang, kepiting, kura-kura hingga ikan.

Dalam membuat tempe karakter, Andi dibantu tujuh pegawainya. Setiap kali produksi dalam dua hari, dirinya bisa menghabiskan 10 hingga 15 kilogram tempe.

Andi mengakui, ide berinovasi tempe karakter tercipta karena ingin tempe mendoannya lebih banyak disukai oleh segala usia, khususnya anak-anak.

“Sekitar beberapa bulan terakhir kita terinspirasi untuk membuat varian lain selain tempe mendoan. Salah satu inspirasinya adalah bagaimana tempe itu bisa dikenal segala umur. Karena kita tau tempe makanan sejuta umat tapi kadang ada segmen anak-anak kurang senang dengan tempe,”tutur Andi.

Produk tempe karatter saat ini dipasarkan melalui daring dan ke depannya segera dapat dibeli di sejumlah mini market dan pasar swalayan besar di Sumatera Selatan. Andi berharap tempe karakter buatanya bisa menjadi pilihan kaum ibu rumah tangga untuk memberikan pangan bergizi kepada buah hati yang tidak menggemari tempe.

Menanggapi inovasi yang dilakukan Andi, Kabid Pengembangan Kawasan Perwilayahan Standarisasi Dan Bimbingan Sarana Industri Dinas Perindustrian Sumsel, Soni Maharani mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi dan membimbing pelaku industri seperti Andi melalui Rumah Kemasan Sumsel agar nantinya semua produk-produk UMKM memiliki nilai jual tinggi dan berdaya saing.

“Kita ada mempersiapkan rumah kemasan. Kita bisa memfasilitasi hak kekayaan intelektualnya, hak merk, sampai dengan sni-nya, sampai dengan desain kemasan,”katanya.

 

Sumber:antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *