Targetkan Harga Rp200.000, Eijkman Pastikan Vaksin Merah Putih Efektif

Jakarta, DUTA TV Vaksin Merah Putih COVID-19 yang dikembangkan oleh lembaga biologi molekuler Eijkman, tengah dilakukan uji laboratorium untuk mendapatkan bibit vaksin, dan ditargetkan akan selesai pada maret 2021. Dengan demikian uji klinis vaksin bisa segera dilakukan dan diperkirakan selesai di akhir 2021, sehingga pada tahun 2022 sudah bisa diedarkan.

Dalam wawancara khusus program 30 menit antara pada selasa 17 November lalu, kepala lembaga biologi molekuler Eijkman, Prof. Amin Soebandrio mengatakan, harga Vaksin Merah Putih ditargetkan berada dikisaran angka Rp200.000,-. Sehingga dapat mudah dijangkau oleh masyarakat luas nantinya.

Meski dengan harga yang cukup terjangkau, Prof. Amin menyebut bahwa vaksin tersebut efektif dan aman. karena dibuat menggunakan teknologi protein rekombinan, yang memang telah dikenal keberhasilannya, dan efek samping yang tidak diinginkan kemungkinan akan terjadi sangat kecil, bahkan tidak ada sama sekali.

Lebih lanjut Prof. Amin mengatakan, proses uji klinis Vaksin Merah Putih nantinya akan dilakukan oleh biofarma, sebagai industri yang telah memiliki sertifikat, cara pembuatan obat yang benar (CPOB) .

Uji klinis tahap pertama menyasar puluhan orang, tahap kedua meningkat menjadi ratusan orang, dan pada tahap ketiga, ribuan orang akan dilakukan uji coba vaksin COVID-19. (cah/ant)

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *