Target Ciptakan Desa Wisata Mandiri, Komisi II Sambangi Kalteng

Banjarmasin, DUTA TV — Meningkatkan perekonomian dari sektor pariwisata, Komisi II DPRD Kalsel, menyambangi Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah.

Disini, Komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan ini mempelajari pemetaan pariwisata di kota cantik Palangkaraya yang mengusung adat dayak. Salah satu yang bakal diadopsi adalah menciptakan desa wisata mandiri.

Kendati saat ini Kalsel juga telah memiliki banyak desa wisata, namun tak sepenuhnya desa wisata itu dikelola langsung oleh masyarakat.

Komisi II berharap pasca munculnya desa -desa wisata baru nantinya pengelolaan sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab masyarakat. Sehingga, desa wisata akan terjaga, maju dan berkembang jika masyarakat ikut terlibat dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Soal desa wistaa mandiri. Kita akan ciptakan desa wisata yang baru baik itu di semua kabupaten akan kita ciptakan dan kita harapkan pengelolaan ada di masyarakat setempat jangan nanti investor datang bawa orang jadi semua gagal kaya pantai gagal itu karena apa makanya harus dilibatkan masyarakat setempat ini menyangkut piring nasi untuk apa investor kalau mayarakat tidak dapat apa-apa,” kata Imam Suprastowo,Ketua Komisi II DPRD Kalsel.

Selain menciptakan desa wisata mandiri, Komisi II juga bakal mengadopsi cara promosi wisata kalteng yang sudah memiliki branding sendiri yakni dengan adat dayaknya. Kalsel dinilai memiliki potensi, dimana saat ini juga terkenal dengan wisata religinya yang kedepan bisa menjadi branding untuk promosi wisata di banua.

Tim Liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.