Tak Berangkat, Jemaah Umroh Berharap Uang Setoran Dikembalikan Pihak Travel

BANJARMASIN, DUTA TVBelasan koordinator jamaah umrah di bawah travel PT Mutiara Habibi Berkah berkumpul di Pengadilan Negeri Banjarmasin pada hari Selasa siang (13/06/2023).

Kedatangan mereka adalah untuk menyatukan niat dan merencanakan langkah hukum yang akan diambil terkait nasib mereka yang merasa tertipu oleh pengelola travel, karena belum juga berangkat sesuai dengan yang dijanjikan.

Sebagian besar tuntutan yang disampaikan oleh jamaah adalah pengembalian uang keberangkatan yang sudah disetorkan. Pasalnya, jamaah ini dijanjikan akan diberangkatkan pada bulan Maret dan Mei yang lalu, namun hingga kini belum ada keberangkatan yang terjadi.

“Seharusnya berangkat 12 hari tapi hanya 9 hari, dijanjikan dikembalikan 2 juta per orang, jamaah merasa terlantar,” keluh Irma Yunita jamaah yang berasal dari Batulicin.

“Mereka dijanjikan berangkat Mei, sampai sekarang belum bisa diberangkatkan. Kami minta dikembalikan uangnya, sudah lunas bayar sejak Desember diminta 17,5 juta,” terang Koordinator jamaah Batulicin, Nurul Huda.

Sementara itu, pihak jamaah mengaku bahwa saat ini pemilik travel sendiri belum bisa ditemui dan selalu mewakilkan kepada kuasa hukumnya.

“Sebagai kuasa hukum, kami mengharapkan ada upaya penyelesaian oleh PT M, secepatnya Ibu Elin bertanggung jawab kepada para jamaah. Sudah dua kali mediasi, kalau hanya dengan yang bukan dengan dirutnya kira-kira tidak menyelesaikan masalah,” tutur Sungari kuasa hukum Jamaah.

Kuasa Hukum:  PT MHB Siap Ganti Rugi Uang Jamaah Dengan Proses Yang Berjalan

Mengenai tuntutan belasan jemaah diakui kuasa hukum Travel PT Mutiara Habibi Berkah, Krishna Bayu, belum mereka terima secara langsung. Meski demikian, pihak travel mengaku siap mengembalikan uang pembayaran jemaah yang belum berangkat Maret lalu, dengan segala proses yang berlangsung.

“Terkait masalah ini, untuk 33 jemaah itu pengembaliannya kita berproses. Dana yang masuk ke rekening perusahaan sudah beralih ke pihak provider,” ungkap Krishna Bayu Kuasa Hukum Travel PT MHB.

 

Tim Liputan

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *