SwaCam PLN Mobile Memudahkan Pelanggan Pantau Penggunaan Listrik

Banjarbaru, DUTA TV – Aplikasi PLN Mobile menawarkan berbagai kemudahan layanan kelistrikan yang dapat diakses oleh pelanggan dalam satu genggaman. Salah satunya adalah fitur catat meter mandiri (SwaCam), bagi pelanggan paska bayar yang dapat melakukan pencatatan stand angka kWh meter secara mandiri di rumah setiap bulannya, bahkan dapat mengetahui estimasi beban tagihan listrik untuk pembayaran pada bulan berjalan .

Sitha (25), warga Guntung Manggis, Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengaku fitur SwaCam ini memudahkan dirinya untuk mengetahui estimasi pemakaian dan pembayaran listrik. Menurutnya, fitur tersebut sangat membantu pelanggan untuk dapat menikmati layanan kelistrikan lebih mudah dan praktis.

“Aplikasi ini mudah dan praktis untuk digunakan. Saya sudah menggunakan fitur swaCam sejak 8 bulan lalu. Selain itu melalui aplikasi ini, saya juga dapat mengetahui estimasi biaya rekening listrik yang harus saya bayar bulan berikutnya,” ungkap Sitha yang sehari-hari bekerja disalah satu BUMN.

Dirinya mengatakan, fitur layanan lain yang ada di PLN Mobile juga sangat membantu masyarakat menikmati layanan kelistrikan.

“Biasanya tanggal 1 tagihan udah keluar, bisa langsung dibayar via PLN Mobile, lebih praktis,” ucapnya.

Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Winardi menuturkan layanan catat meter mandiri menggunakan PLN Mobile menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. Sehingga, pelanggan dapat mengontrol pemakaian listrik bulanan secara mandiri.

“Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 24 sampai dengan 27 setiap bulannya. Untuk melakukan pencatatan meter mandiri, langkahnya cukup mudah,” ujarnya.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara menggunakan fitur Swacam pada Aplikasi PLN Mobile begini caranya :
1. pada Menu utama PLN Mobile pilih fitur Catat Angka Meter
2. Pilih ID Pelanggan Pasca Bayar yang akan dilaporkan (dicatat)
3. Foto dengan jelas kWh Meter sehingga nampak angka yang tertera.
4. Masukkan angka kWh meter dan ponselmu, kemudian kirim.
5. selanjutnya akan muncul tampilan estimasi tagihan dari pemakaian listrik yang akan dibayarkan.

Winardi optimis, aplikasi PLN Mobile ini dapat benar-benar memudahkan pelanggan PLN dalam mendapatkan info layanan karena tidak harus repot lagi melakukan transaksi kelistrikan seperti pasang baru, perubahan daya, bayar tagihan, sampai baca meter mandiri.

PLN Mobile sendiri merupakan aplikasi ide terobosan yang di berikan PLN untuk menghadirkan Informasi pelayanan yang berbeda kepada pelanggan yang lebih mudah dan cepat dengan fitur berbagai utama didalamnya seperti : pembelian token termurah bagi pelanggan prabayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan pasca bayar, pelaporan gangguan, keluhan pelanggan hingga berbagai promo menarik yang bisa didapatkan melalui PLN Mobile Marketplace.

Tim Liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *