Lingkungan

Sungai Riam Kanan Tercemar, Ratusan Kubik Air Bersih Disalurkan Atasi Krisis Air

DUTA TV MARTAPURA – Masyarakat di desa sungai Arfat dan Mali-Mali serta desa Pingaran tampak mengantri air bersih yang disediakan oleh mobil tangki UPT Damkar kabupaten Banjar, Minggu sore (20/10/2019).

Sejak hari Sabtu lalu, dua unit mobil tangki UPT Damkar dan puluhan mobil armada barisan Pemadam swasta di kabupaten Banjar berjibaku mengantarkan air bersih, sehingga masyarakat yang tidak berlangganan air bersih, bisa tertolong.

Baca juga : Air Sungai Riam Kanan Bau Busuk Tercemar Ikan Mati

Selain itu, PDAM Intan kabupaten Banjar dan BPBD Banjar juga ikut berpartisipasi menanggulangi kekurangan air bersih bagi masyarakat di delapan desa di kecamatan Karang Intan dan Astambul, yang terdampak puluhan ton ikan mati.

“Kami kirimkan satu unit unutk membawa air bersih karena dua unit mobil tangki fokus membantu warga di aluh-aluh,” ujar Syaiful Anwar Dirut PDAM Intan Banjar.

Sementara itu warga yang mendapatkan bantuan air bersih mengaku sangat bersyukur dan berharap suplai air bersih ini, tak berhenti hingga air sungai Riam Kanan tidak tercemar lagi.

“Bersyukur dapat suplai air bersih soalnya air sungai tidak bisa digunakan lagi untuk masak,” ucap Sri yang senang mendapatkan bantuan air bersih.

Berdasarkan kejadian tahun 2014 silam, kondisi air yang tercemar disungai Riam Kanan ini bisa berangsur pulih, hingga 2 pekan lebih dan berharap turunnya air hujan.

 

 

Reporter : Tarida Sitompul


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *