Sungai Nagara Meninggi, Puluhan Rumah di Daha Selatan Mulai Terendam

Hulu Sungai Selatan, DUTA TVMenjadi pusat lokasi kiriman aliran sungai dari empat Kabupaten serta sebagai daerah aliran sungai atau Das Barito, membuat kondisi debit air Sungai Nagara mengalami peningkatan yang sangat signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Bahkan peningkatan debit air sendiri sudah mulai menguap hingga menggenangi beberapa ruas jalan dan puluhan rumah warga di Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan sejak satu minggu lalu.

Lihat Juga :  FISRT Logistics dan KKSS Salurkan Bantuan Kepada Pengungsi

Dari data yang disampaikan oleh pihak Kecamatan setempat, sedikitnya ada sebanyak 31 rumah warga dari delapan desa yang sudah terdampak, bahkan jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah, mengingat kondisi air yang terus mengalami kenaikan setiap harinya.

“Di Kecamatan Daha Selatan banjir ini sudah mulai dari hari Kamis kemarin, rata-rata naiknya perhari ada yang sampai paling tinggi itu kemarin dari hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu itu sampai 10 cm, namun ada juga yang menurun sampai 2 cm cuman beberapa hari ini naik lagi dengan ketinggian air 2 sampai 3 cm, untuk sementara ini beberapa rumah sudah mulai masuk air sudah banjir sebanyak 31 buah rumah dengan 38 kepala keluarga yang terdampak bencana banjir ini,” Nafarin, camat Daha Selatan.

Lihat Juga :  Sebagian Semanda Masih Tergenang, Warga Kesulitan Beli Kuota Untuk Sekolah Daring

“Kemungkinan sebulanan ini aja seperti ini, kondisi air bedalam kemungkinan satu malam itu naiknya sekitar satu jari atau dua jari, sementara ini dirumah aja pang kecuali sampai kebelakang sana banjirnya baru mengungsi, banjir kaya ini pernah terjadi kira-kira dua tahun lalu kedalamannya sampai kebelakang,” kata Halidi, warga Daha Selatan.

Kenaikan debit air Nagara tidak hanya berdampak pada rumah penduduk di Kecamatan Daha Selatan saja, namun juga di wilayah Kecamatan Daha Utara, yang mana sudah ada 12 desa terdampak dengan total 26 rumah tergenang air.

Lihat Juga :  Akibat Banjir, Kerugian Sektor Perikanan Kabupaten Banjar Rp 77,2 Milliar

Reporter : Muhammad Irfansyah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *