Soroti Permasalahan Akta Lahir, Dewan Kumpulkan Puluhan Kepala TK Aisyiyah

Banjarmasin, DUTA TV — Puluhan kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal, dikumpulkan di Panti Asuhan Hikmah Zam-Zam Banjarmasin, untuk disosialisasikan peraturan daerah tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan oleh ketua Komisi I DPRD Kalsel Hj. Rachmah Norlias.

Pasalnya, banyak tenaga pengajar dan administrasi sekolah di taman kanak-kanak, kerap menghadapi persoalan dokumen kependudukan para peserta didiknya yang tidak lengkap, salah satunya akta kelahiran.

Sehingga, persoalan itu membuat proses administrasi atau pendataan peserta didik terhambat. Termasuk, dalam hal pembuatan laporan akhir pembelajaran atau raport siswa. Politisi partai pan ini berharap keberadaan Perda nomor 1 tahun 2019 ini, bisa dimanfaatkan dan menjadi acuan para guru serta tenaga kependidikan, untuk membantu para orangtua menyelesaikan kelengkapan administrasi kependudukan siswa-siswinya.

 “Hari ini kita Sosper Perda NO 1 TH 2019 mengundang kepala TK Bustanul Athfal dan guru serta kepala cabang Aisyiyah pesertanya melebihi target kenapa kita memilih Perda tentang kependudukan kita menganggap di TK identititas anak dan dokumen lainnya jadi kalau ada masalah seperti akta dan lainnya untuk ortu murid kita sosialisasikan teknis pelaksnaannya kita undang Narsum dari Disdukcapil supaya mereka bisa menejlaskan persyaratannya,” kata Hj. Rachmah Norlias, Ketua Komisi I DPRD Kalsel.

“Terimakasih kesempatan yang diberikan kepada kami khususnya Aisiyah cabang Banjarmasin 3 bukan hanya TK tapi SD juga banyak maslaahndi sekolah anak tidak punya akta lahir dengan penjelasan ini Kepsek punya wawasan bagaimana kepengurusannya,” ucap  Hj. Sumiatun, Kepala Panti Asuhan Aisyiyah Hikmah Zam-Zam.

Bukan hanya terkait akta kelahiran, Rachmah Norlias yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin ini, juga menjelaskan alur untuk mengurus berbagai administrasi kependudukan mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran hingga akta kematian sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *