Setelah Semua, Korea Utara Umumkan Kasus Pertama Covid

Potret warga Korea Utara (Foto : Antara)

Jakarta, DUTA TV Pemerintah Korea Utara (Korut) pada Kamis (12/5/2022) mengumumkan telah menemukan kasus Covid-19 pertama di negara itu. Kasus ini merupakan infeksi virus Omicron yang sangat menular, yang dikenal sebagai BA.2.

Infeksi virus ini ditemukan di Ibu Kota Pyongyang yang merupakan pusat pemerintahan negara itu. Akibatnya, negara yang dipimpin Kim Jong Un itu menetapkan situasi darurat.

“Ada insiden darurat terbesar di negara ini, dengan lubang di bagian depan karantina darurat kami, yang telah disimpan dengan aman selama dua tahun tiga bulan terakhir sejak Februari 2020,” kata media pemerintah KCNA dikutip The Guardian.

Laporan itu diterbitkan ketika Kim Jong Un memimpin pertemuan Partai Buruh untuk membahas tanggapan terhadap wabah pertama virus corona.

Selama pertemuan tersebut, Kim dilaporkan meminta para pejabat untuk menstabilkan penularan dan menghilangkan sumber infeksi secepat mungkin.

Korut sendiri sebelumnya belum pernah mengumumkan kasus Covid-19 selama pandemi berlangsung. Negara itu hanya menerapkan penutupan pada arus masuk ke wilayahnya.

Meski begitu, beberapa analis menyebut tidak ditemukannya kasus di negara itu merupakan hasil dari lemahnya kapasitas testing di negara dengan 25 juta penduduk itu.(cnbci)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.