Seleksi Komisioner KPU Dibuka, Timsel Harapkan Keterwakilan Perempuan

Banjarmasin, DUTA TV — Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan resmi mengumumkan tahapan pendaftaran, Kamis siang.

Pendaftaran menjadi komisioner KPU Kalsel tersebut mulai akan dibuka pada 10 hingga 21 Februari mendatang.

Dalam syarat pendaftaran disebutkan jika calon komisioner KPU Kalsel nantinya tidak boleh pernah menjabat sebagai anggota KPU Provinsi dan kabupaten kota sebanyak 2 periode, baik berturut-turut atau tidak berturut-turut, meski dengan daerah yang berbeda.

Selain itu, Timsel juga turut menyampaikan perihal keterwakilan perempuan sebanyak 30 % dalam seleksi ini.

“Boleh mendaftar sepanjang tidak dua kali, minimal tiga orang perempuan, harapannya begitu,” Kata Kambrani Buseri, Ketua Timsel Calon Anggota KPU Kalsel

Ada pun persyaratan umum lainnya untuk menjadi anggota KPU Kalsel yakni warga negara Indonesia, usia minimal 35 tahun, pendidikan minimal S-1,  setia kepada pancasila dan UUD 1945 NKRI, Bhineka tunggal ika dan cita-cita proklamasi, memiliki pengetahuan tentang penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan dan kepartaian, sehat jasmani/ rohani, bebas dari penyalahgunaan narkoba, bebas dari partai politik praktis.

Sementara itu, dari 5 komisioner KPU Kalsel yang menjabat saat ini, hanya Sarmuji yang tidak bisa kembali mendaftarkan diri lantaran sudah menduduki jabatan sebagai komisioner KPU Kalsel sebanyak dua periode.

Reporter : Nina Megasari – Zein Pahlevi

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *