SDN 3 Panyipatan Hanya Bertambah 3 Siswa Baru

DUTA TV TANAH LAUT – Hari pertama masuk sekolah di UPTD SDN 3 Panyipatan terlihat lengang, ruang kelas satu bahkan hanya terisi 3 siswa baru.

Meskipun peserta didik baru pada kelas satu di SDN 3 Panyipatan hanya 3 siswa namun proses belajar mengajar tetap akan dilakukan di sekolah dasar ini.

Jumlah siswa atau peserta didik disekolah ini dari tahun ketahun terus berkurang, karena pada tahun ajaran sebelumnya jumlah siswa kelas satu berjumlah 8 murid, kemudian tahun ini berkurang hanya 3 murid baru.

Minimnya peserta didik baru di sekolah dasar tersebut disinyalir  karena  berkurangnya pertumbuhan penduduk di sekitar sekolah.

Di desa Panyipatan saat ini terdata sebanyak 3 sekolah dasar negeri, dan di sekitar SDN 3 Panyipatan merupakan kawasan yang sepi penduduk, sedangkan 2 sekolah dasar lainnya merupakan wilayah berpenduduk cukup padat.

Sementara itu jumlah keseluruhan siswa di SDN 3 Panyipatan saat ini berjumlah 57 siswa, atau berkurang 7 siswa dari tahun ajaran sebelumnya yang berjumlah 64 siswa, sedangkan jumlah guru dan staff sebanyak 12 orang, dengan status PNS 6 orang dan status honorer 6 orang.

Dengan berkurangnya jumlah siswa praktis dana Bantuan Operasi Sekolah atau dana BOS dari pemerintah akan berkurang, selain itu anggaran insentif bagi guru juga akan berkurang.

 

Reporter : Suhardadi

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *