Satgas Bicara Angka Covid-19 Terus Turun

Jakarta, DUTA TV — Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui ada penurunan jumlah testing yang berakibat penurunan kasus positif Covid-19 secara nasional.

Meski demikian, Wiku menyebut kondisi pandemi covid-19 di Indonesia mulai terkendali yang ditunjukkan dengan angka kasus aktif dan sembuh meningkat serta kematian yang menurun.

“Secara nasional tren kasus sembuh naik, angka kasus aktif turun, angka kematian turun, tren itu adalah tren yang baik, dalam arti terkendali,” kata Wiku dalam dialog ‘Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Ketahanan Pangan’ di Youtube BNPB, Senin (9/11).

Perihal peningkatan kasus pasca libur panjang, Wiku berujar, lonjakan kasus baru bisa terjadi setelah 10-14 hari. Menurutnya, penurunan kasus positif selama beberapa hari terakhir bisa jadi karena pemeriksaan testing yang menurun.

“Memang saat libur panjang ada penurunan kasus, mungkin karena pemeriksaan menurun, dan sekarang sudah 9 hari dari awal libur panjang ada kenaikan sedikit,” ujarnya.

“Tapi kalau kita lihat biasanya (peningkatan) terjadi 10-14 hari setelah libur panjang. Nah mari kita amati bersama ke depan,” lanjut Wiku.

Data Satgas Covid-19 pada laman https://covid19.go.id/peta-sebaran, grafik kasus positif terlihat menurun pada akhir Oktober.

Pada 30 Oktober, kasus positif hanya 2.897, biasanya kasus positif harian berada di angka 3.500-4.000 kasus dalam sehari.

Kasus positif juga berada pada angka 2.000 kasus selama 3 hari berturut-turut usai libur panjang dan cuti bersama.

Pada 1 November kasus positif sebesar 2.696, 2 November 2.618, 3 November 2.973 kasus. Setelahnya, kasus positif kembali naik ke angka 3.000-4.000 kasus sehari.

Menurutnya, penurunan kasus positif selama beberapa hari terakhir bisa jadi karena pemeriksaan testing yang menurun.

“Memang saat libur panjang ada penurunan kasus, mungkin karena pemeriksaan menurun, dan sekarang sudah 9 hari dari awal libur panjang ada kenaikan sedikit,” ujarnya.

Wiku mengklaim keseluruhan angka ini merupakan prestasi dan bukti bahwa kasus Covid-19 mulai bisa dikendalikan.(cnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *