Sanitasi Lemah, 8 Desa di Kecamatan Cerbon Sulit Jadi Desa Maju

Kalsel, DUTA TVDelapan desa di Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala menjadi desa maju. permasalahan sanitasi, menjadi faktor utama desa-desa itu sulit naik kelas dari desa berkembang ke desa maju.

Kondisi itu didapati Komisi I saat melakukan monitoring ke Kecamatan Cerbon. Di delapan desa itu, masih banyak warga yang menggunakan sungai untuk MCK.

“Di kecamatan Cerbon dari 8 desa disana sekarang masih dalam tahap desa berkembang, diharapkan kedepan 2023 jadi desa maju, kenapa masih desa berkembang, karena adat kebiasaan masyarakat di Cerbon, masalah sanitasi itu alami, jadi diharapkan ada tambahan toilet umum dari pemerintah Pemkab, bisa jadi desa maju karena hanya di sanitasi yang lemah,” ucap Hj Rachmah Norlias, Ketua Komisi I DPRD Kalsel.

Setelah memonitoring Kecamatan Cerbon, Komisi I melanjutkan monitoring ke Kecamatan Candi Laras Selatan, yang mana wilayah itu saat ini menjadi jalur alternatif antar Kabupaten dalam provinsi, bahkan digunakan masyarakat dari luar Provinsi yakni Kalimantan Tengah untuk menuju wilayah Tapin dan Hulu Sungai hingga Tanjung.

Namun dewan menyayangkan keberadaan jalur alternatif yang saat ini ramai digunakan warga, tidak diikuti dengan ketersediaan rest area. Komisi I mengusulkan ke Pemkab setempat untuk membuat rest area di beberapa titik,disertai dengan pusat oleh-oleh khas daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Bukan hanya terkait rest area, Komisi I juga menerima keluhan dari warga terkait kondisi jalan dan jembatan menuju Makam Datu Kabul yang mengalami kerusakan. Padahal keberadaan makam merupakan salah satu wisata religi yang ramai dikunjungi warga Kalimantan Selatan dan Tengah.

Tim Liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *