Rumah Sakit Ratu Zaleha Tarema 10 Pasien Hepatitis A

DUTA TV MARTAPURA – Direktur utama RSU Ratu Zaleha Martapura dr. Tofiq Norman Hidayat memberikan penyuluhan dan edukasi kepada pasien dan keluarganya mengenai penyakit Hepatitis dan pencegahannya.

RSU Ratu Zaleha Martapura menyediakan ruang khusus isolasi di ruang perawatan anak, bagi empat pasien Suspect Hepatitis A sejak beberapa hari lalu, sedangkan satu pasien dirawat di kelas satu, sedangkan 5 lainnya di ruang penyakit dalam.

Berdasarkan keterangan sejak bulan September 2019 lalu, instalasi layanan kesehatan di kabupaten Banjar tersebut dalam beberapa hari menerima pasien dengan gejala penyakit Hepatitis A.

Bahkan dari beberapa kasus yang ditangani, pihak rumah sakit menerima pasien dari sejumlah pondok pesantren dan lembaga pendidikan umum yang ditengarai sempat terjadi penularan sesama santri maupun siswa.

“Kita masih merawat 10 pasien,” terang dr. Tofiq Norman Hidayat.

Dinkes Banjar Belum Nyatakan KLB

Sementara itu, Dinkes Banjar sempat melakukan skrining santri di salah satu pondok pesantren dan siswa di sebuah SMP terkait penyebaran penyakit Hepatitis A, namun sampai saat ini masih terkendali sehingga tidak ditetapkan sebagai kasus luar biasa.

“Begitu muncul kasus kita turunkan tim gerak cepat dan melakukan screening ke orang dilingkungan penderita,” ucap M.Habibi kasi P3M kabupaten Banjar.

Sekedar diketahui Hepatitis A adalah penyakit yang disebarkan oleh virus dari air besar penderita yang biasanya menyebar melalui makanan dan minuman. Pasien yang terkena umumnya menunjukkan gejala demam diserta mual dan muntah dan mencret, kulit dan areal mata akan terlihat menguning dan urin cendrung berwarna gelap.

 

Reporter :  Tarida Sitompul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *