Ubah Stigma Negatif Anak Jalanan, Yayasan Al AJYB Buka Bengkel Motor

DUTA TV BANJARMASIN – Kelompok anak muda yang tergabung dalam sebuah yayasan sudah berdiri sejak tahun 2012 bernama Al AJYB atau akronim dari Anak Jalanan Yang Baik, berusaha mengubah pandangan negatif masyarakat mengenai anak jalanan yang jauh dari dunia pendidikan, terutama pendidikan agama.

Tidak hanya diajari mengenai ilmu agama, mereka juga dibelaki ilmu ketrampilan lain diantaranya otomotif. Ketrampilan langsung diaplikasikan melalui bengkel Al AJYB yang berlokasi di Jl Sutoyo S Banjarmasin. Meski pengalaman  didapat secara otodidak, namun mereka cukup mahir menangai kerusakan ringan kendaraan bermotor.

Selain itu, mereka juga terabung dalam sekolah music anak jalanan. Para pengajarnya merupakan relawan dari berbagai kalangan, salah satunya mahasiswa.

Yayasan ini menampung sedikitnya 100 anak jalanan di Kota Banjarmasin.

“Dalam bidang pendidikan agama Islam ada pengajian seperti belajar AL Qur’an. Bidang ekonominya kami buka bengkel motor dan bengkel las,”jelas pengurus yayasan Al AJYB, Alhi.

Memiliki tujuan yang mulia membuat sepak terjang mereka semakin terlihat hasilnya dengan berbagai penghargaan yang diberikan di bidang pendidikan maupun kesenian. Prestasi yang mereka raih sejauh ini sudah sampai tingkat provinsi. Dimana pada tahun 2018 memenangkan juara Harapan I Lomba Nyanyi Lagu Banjar, serta Pemuda Pelopor Terbaik 1 Bidang Pendidikan.

 

Tim Liputan

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *