Pemilu Politik

Ribuan Data Pemilih Di Kotabaru Bermasalah

DUTA TV KOTABARU – Ribuan Data Pemilih (DP) dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) kedua yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru bermasalah.

Temuan itu didapat dari hasil analisis DPTHP 2 yang disandingkan dengan data penduduk potensial pemilih Pemilu dari Kementerian Dalam Negeri.

Masalah paling banyak yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda yang dimiliki oleh lebih dari satu orang. Jumlahnya mencapai 18 ribu pemilih dengan DP4 dan 3 ribu pemilih tanpa DP4.

Kemudian ada juga potensi pemilih ganda karena kesamaan beberapa elemen data, yakni sebanyak 3 ribu pemilih dengan DP4 dan 460 pemilih tanpa DP4.

Sisanya karena elemen data invalid, seperti alamat kosong, NIK dan NKK tidak sesuai ketentuan, kesalahan tanggal lahir hingga usia kurang dari 17 tahun atau di bawah umur.

Terkait ini ketua KPU Kabupaten Kotabaru Zainal Abidin mengakui ada kendala terkait validitas data dukung di tingkat desa.

“Kami di tingkat Kabupaten hanya menginput data ke system. Akhirnya ditemukan data valid. Kami sudah beberapa kali melakukan perbaikan. Dalam rapat koordinasi ini kami juga harapkan PPK mendistribusikan informasi ini ke PPS untuk melakukan perbaikan dengan mengecek langsung ke orang yang bersangkutan,”ujar Zainal.

Sebagai langkah perbaikan data, KPU Kabupaten Kotabaru telah melakukan koordinasi dengan panitia pemilihan kecamatan terkait perbaikan data pemilih tersebut.

 

Reporter : Nazat Fitriah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *