Resmi Difungsikan, Dermaga Kampung Hijau Tunjang Wisata Dan Ekonomi Warga

Peresmian Dermaga Kampung Hijau (sumber duta tv)

Banjarmasin, DUTA TV — Diresmikan Wali Kota Banjarmasin, dermaga Kampung Hijau yang berada di Sungai Bilu Laut akhirnya bisa difungsikan. Dengan luas sekitar 40 meter, dermaga baru yang dibangun dengan waktu sekitar 3 bulan ini, berkapasitas cukup besar dan mampu menampung sekitar 10 jukung yang sandar.

Wali Kota Banjarmasin mengaku, keberadaan Dermaga di Kampung Hijau ini sangat vital. Pasalnya, banyak dari warga, berkegiatan sehari -hari maupun bersekolah dengan menyeberang sungai ke kawasan Sungai Jingah maupun sebaliknya, termasuk juga para wisatawan yang singgah saat menaiki kelotok wisata susur sungai, bahkan pedagang terapung.

Sementara, dermaga yang pembangunannya berasal dari program tanggung jawab sosial lingkungan atau TJSL PT PLN  unit induk wilayah Kalselteng ini, diharapkan tak hanya menunjang perekonomian warga yang berjualan di sekitar bantaran Sungai Martapura, melainkan juga menambah dan meramaikan destinasi tujuan wisata sungai yang ada di Banjarmasin.

“Kelotok di siring itu kan ada rute dalam kota yang 5000 an kalau sampai sini Rp 10.000,- bisa bolak balik atau wisatawan ke lok Baintan mampir di Banua Anyar bisa mampir di kampung hijau. Pertama ada produk UMKM yang bisa dibeli dan suasana pinggir sungai yang sudah dirawat sehingga harus diawasi terus ada mural juga dipercantik saya menghimbau juga warga-warga menambah tanaman hijau jadi suasananya tetap asri,” kata Wali Kota Banjarmasin.

“Kegiatan hari ini kita peresmian Dermaga wisata Kampung Hijau yg kami harapkan program atau spport yang kami berikan ini membawa dampak ekonomi ke arah kesejahteraan keluarga yang ada disini berikut kami juga menggandeng peran perempuan untuk memberikan kontribusi terhadap keluarga masing-masing,” ujar Winardi/ Manager Komunikasi & TJSL PT PLN UIW Kalselteng.

Di kesempatan yang sama, bersama Wali Kota Banjarmasin, PT PLN UIW Kalselteng juga menyerahkan bantuan sertifikasi halal kepada 5 UMKM yang berada di Kampung Hijau. Kampung Hijau sendiri adalah salah satu mitra program kampung iklim PLN yang ditetapkan melalui keputusan Gubernur Kalimantan Selatan.

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.