Kalsel Pendidikan

Rektor ULM Pamerkan Produk Inovasi Kepada Mantan Direktur Eksekutif Solidaridad

DUTA TV BANJARMASIN –  Usai menerima penghargaan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (Dr. Hc) Dr. Nicolaas Josephus Maria, Farmer Executive Director off Solidaridad Global beberapa jam kemudian langsung memberikan kuliah umum dihadapan mahasiswa dan para akademisi ULM Banjarmasin, Selasa siang (18/06/2019) di Lecturer Building Theatre ULM Banjarmasin.

Nico Roozen, panggilan akrab penggagas Max Havelaar ini menyampaikan kuliah umum berjudul “Bisakah Organisasi Masyarakat Sipil Mengaim Kesuksesan, Sementara Dunia Dilanda Kemalangan”.

Dalam kuliah umumnya mantan Direktur Ekaekutif Solidaridad ini membeberkan bahwa organisasi masyarakat sipil yang cerdas dalam mengklaim kesuksesan program-program mereka serta mempresentasikan sebagai dampak positif.

Menurut Nico, evaluasi cenderung terfokus pada pembuktian ketimbang perbaikan tetapi hasil abadi akan terhubung dengan transformasi pasar yang difasilitasi oleh pemerintahan yang baik dan perubahan arah modal menuju pembangunan berkelanjutan. “Kita tidak bisa mengklaim kesuksesan sementara dunia masih berkutat dengan kemalangan dan ketidakadilan yang terus bertambah. Berdasarkan alasan tersebut akselerasi solusi adalah tema utama untuk diskusi Ambisi 2025, kami dan bagaimana membawanya menuju percepatan dan skala,” ujar Nico Roozen.

Lebih jauh dalam kuliah umum yang juga diisi dengan dialog dan tanya jawab ini Nico Roozen juga menjelaskan apa itu Solidaridad. Solidaridad adalah salah satu pelopor dibidang pembangunan ekonomi berkelanjutan dan menjadi sebuah organisasi masyarakat sipil internasional yang memiliki orientasi kepada pasar dan solusi.

Dengan memiliki 7 pusat keahlian regional yang berlokasi di 37 negara Solidaridad bercita-cita untuk mengubah praktik-praktik produksi sehingga dapat memberikan penghidupan dan kesempatan bisnis yang adil serta menguntungkan, menjamin tersedianya kondisi kerja yang memadai dan penghasilan yang cukup serta tidak menguras kekayaan alam yang dibutuhkan manusia baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan kuliah umum ini Rektor ULM, Prof. H. Sutarto Hadi, M.Si. juga sempat memamerkan puluhan produk inovasi hasil karya sejumlah prodi maupun fakultas di ULM. Sayangnya menurut Sutarto dari sekian banyak produk unggulan dari ULM tersebut terkendala akses pasar yang membuat produk inovasi dari ULM diantaranya semut, kelakai, madu asli Kalimantan dan berbagai macam produk olahan alami yang diproduksi oleh ULM pemasarannya kurang begitu berkembang baik. Oleh karena itu, dikesempatan ini Rektor ULM berharap Nico Roozen bisa memberika masukan dan pemikirannya kepada ULM.

Reporter: Maisuri


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *