Budaya Olahraga

Ratusan Peserta Ikuti Festival Kuntau

DUTA TV HSS – Ratusan peserta yang sebagian besar didominasi remaja dan anak-anak dari berbagai perguruan ikut ambil bagian dalam festival seni bela diri tradisional kuntau se-kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Jumat (24/8/2019).

Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan kabupaten Hulu Sungai Selatan digelar dalam rangka memeriahkan hut ke-74 Republik Indonesia. Selain itu, agenda juga bertujuan melestarikan dan memperkenalkan seni beladiri asli daerah khususnya kepada generasi muda.

“Kami merasa bangga karena masih bisa mempertahankan program ini, sebab bagaimanapun juga seni bela diri kuntau adalah bagian dari olahraga tradisional, dan olahraga tradisional ini masuk salah satu dari 10 sasaran kemajuan kebudayaan yang ada di Indonesia, ini artinya pemerintah daerah HSS berkomitmen untuk melestarikan olahraga tradisional ini sebagai salah satu bagian dari pada unsur kebudayaan daerah,” ujar Nordiansyah kepala Dinas Pendidikan kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dalam festival kali ini ada 11 perguruan di berbagai daerah kabupaten Hulu Sungai Selatan ikut berpartisipasi menunjukkan keterampilan jurus kuntau yang dimiliki.

“Peserta dari festival ini adalah perguruan-perguruan kuntau di HSS ada 12 yang perguruan, dan yang telah terdaftar ada 11, jadi sebagian besar perguruan kuntau di HSS ikut serta dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Dengan banyaknya peserta anak-anak yang mengikuti festival kuntau kali ini diharapkan dapat terus memupuk kecintaan terhadap seni bela diri daerah, serta dapat memotivasi masyarakat lain untuk ikut melestarikan kebudayaan tersebut.

 

Reporter: Muhammad Irfansyah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *