Rampung Direnovasi, Bupati HSS Resmikan Monumen Sejarah Tugu Munggu Raya

HSS, DUTA TV — Setelah hampir 3 bulan proses renovasi Tugu Munggu Raya yang terletak di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan akhirnya rampung dikerjakan.

Selesainya rehabilitasi monumen bersejarah ini sendiri diresmikan secara langsung oleh Bupati Achmad Fikry beserta ketua dewan harian cabang DHC 45 Kabupeten Hulu Sungai Selatan Syamsuri Arsyad.

Bupati Achmad Fikry Resmikan Tugu Munggu Raya
Bupati Achmad Fikry Resmikan Tugu Munggu Raya

 Tugu Munggu Raya ini sendiri merupakan salah satu peninggalan sejarah perjuangan rakyat kalimantan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dulunya lokasi tersebut merupakan tempat perjanjian antara tentara alri divisi IV kalimantan dengan pihak belanda yang disaksikan oleh perwakilan internasional lewat komisi III negara.

“Kita meresmikan renovasi tugu perjuangan munggu raya, terimakasih dulu kepada DHC 45 yang menginisiasi pembugaran tugu ini, mudah mudahan ini menjadi penyemangat bagi kita untuk terus melanjutkan perjuangan mereka dengan pembangunan, terimakasih juga kepada antang gunung meratus yang menjadi donatur pembangunan ini dan ini menjadi momen sejarah bahwa kalimantan itu khusunya kalimantan selatan tetap ikut dalam negara kesatuan indonesia, daerah lain ada ris namun kita tidak mengenal ris dan tetap ikut nkri dan juga 17 Mei 1948 ditandatangani apalagi ada gejolak di kalsel menjadi perhatian dari belanda dan akhirnya disini dilakukan perundingan,” kata Achmad Fikry, Bupati Hulu Sungai Selatan.

“Pertama kami tentu mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak bupati selaku dewan kehormatan DHC’45 yang senantiasa memberikan bimbingan dan arahan dalam gerak organisasi kami sehingga tugu 2 September ini bisa diresmikan hari ini dan beliau berkesempatan langsung untuk meresmikan, dan ini adalah wujud dari program organisasi DHC’45 terhadap pewarisan nilai nilai kejuangan karena sering bupati sampaikan 2 September ini adalah peristiwa bersejarah yang bersifat internasional di samping 17 Mei karena kesejarahan 2 September ini perlu diangkat ke permukaan,” ujar Syamsuri Arsyad, Ketua DHC’45 Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dengan direnovasinya monumen tugu munggu raya diharapkan dapat meningkatkan dan memperkenalkan nilai nilai kejuangan kepada generasi muda agar bisa terus dilestarikan.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *