Puncak Kemarau Kalteng Agustus

Palangka Raya, DUTA TV — Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut Palangka Raya, Reni Anata, mengatakan, puncak kemarau di sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Tengah terjadi pada Agustus.

“Hanya ada sebagian kecil wilayah Kalteng yang puncak kemarau terjadi September,” kata Reni, Rabu (4/8).

Meski demikian pihaknya tidak dapat menentukan waktu yang pasti terjadinya puncak kemarau. “Sementara prediksi kami hanya sampai bulanan, belum sampai dasarian. Ini karena adanya pengaruh dinamika atmosfer yang dapat mempengaruhi cuaca. Maka hari atau tanggal tepat puncak kemarau tidak bisa kita prediksikan,” katanya.

Sementara itu berdasar data BMKG Stasiun Tjilik Riwut Palangka Raya dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah hanya sebagian wilayah Kabupaten Barito Timur yang puncak kemarau terjadi pada September. Kemudian sebagian wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang puncak kemarau terjadi pada Juli lalu. Sementara sisanya terjadi pada periode Agustus ini.

Masyarakat pun diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya perubahan cuaca sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau bencana yang disebabkan kondisi cuaca. Warga juga diminta mewaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan meski selama 10 hari terakhir BMKG mencatat hanya terpantau satu titik panas.(ant)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *