Puluhan Warga Binaan Lapas Dilatih Menulis Cerpen

Martapura, DUTA TVSalah satu penulis kota idaman Banjarbaru, Hari Insani Putera memberikan materi tehnik, penulisan cerita pendek, kepada warga binaan yang ada di Lapas narkotika Karang Intan, kabupaten Banjar.

30 warga binaan, yang memiliki bakat seni dan menulis, diikut sertakan dalam kegiatan pembinaan dan pelatihan menulis cerpen, hasil kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan pelatihan sehari itu, seluruh peserta langsung mempraktekkan cara menulis, berdasarkan imajinasi dan materi masing masing. selama praktek menulis, sebagian peserta larut dalam kegiatan menulis, menuangkan inspirasi ke dalam kertas, sebagian lainnya, ada yang hanya duduk termangu kebingungan.

“Semoga nantinya ada karya tulis warga binaan yang bisa dikoleksi di perpustakaan,” kata Lukman Hendro, Kasubbag TU Lapas.

Lukman Hendro, Kasubbag TU Lapas

Lukman Hendro (tengah), Kasubbag TU Lapas

Sementara itu para peserta mengaku senang dengan pelatihan yang pertama kali dilaksanakan tersebut, karena bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang, selama menjalani masa hukuman.

“Senang dilatih menulis dan sekarang mencoba mengisahkan kejadian yang pernah dialami,” ucap Indra, salah seorang warga binaan.

Disamping menjadi ruang pembinaan bagi warga binaan, pihak Lapas Karang Intan menargetkan karya tulis bagi warga binaan yang akan dibuatkan buku kompilasi, dan bisa dipajang diperpustakaan.

Reporter : Tarida Sitompul

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *