Puluhan Remaja Ikuti Pelatihan Musik Panting di Dipersip Tanah Laut

Tanah Laut, DUTA TV — Puluhan remaja di Tanah Laut cukup antusias untuk berlatih musik panting, di lantai dua gedung perpustakaan jalan Ahmad Syairani Kota Pelaihari senin siang kemarin.

Pelatihan kesenian tradisional musik panting kali ini di gagas oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Dipersip Kabupaten Tanah Laut, dengan menghadirkan pemateri dari grup panting karindangan asal Desa Simpang 4 Asam – Asam Kecamatan Jorong, untuk menjembatani peminat musik panting dari generasi muda.

Selama ini musik panting sebagai salah satu kesenian tradisional asal Kalsel yang kurang diminati generasi muda, karena pengaruh budaya luar. Salah satu peserta Hastin yang merupakan seorang mahasiswi ini mengaku tertarik untuk belajar musik panting, untuk melestarikan kesenian tradisional khas Banjar.

 “tertarik belajar sebelumnya gak pernah di kampus ada tapi ga ikut” Tuturnya.

“hari ini kita adakan pelatihan musik panting agar kesenian tradisional ada regenerasi” Kata Kadispersip Tanah Laut Rhoedy Erhansyah

Kadispersip Tanah Laur Rhoedy Erhansyah berharap agar pelatihan musik panting bagi generasi muda ini terus digalakkan guna melestarikan aset budaya local.

Reporter : Suhardadi

Rahmatillah


Editor & Uploader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *